Kamis, 13 Maret 2014

ANALISIS LUMUT DAN TUMBUHAN PAKU

[ANALISIS] PERANAN LUMUT DAN TUMBUHAN PAKU
Oleh : Lukman Arrahim (MIA 5/ 19)


Sumber             :  id.wikipedia.org

Tujuan       : Mengetahui peranan apa saja yang diberikan lumut dan tumbuhan paku.                    
     
5 pertanyaan     : 

1.       Bryophytina ialah….
2.       Apa yang dimaksud pergiliran keturunan pada tumbuhan lumut?
3.       Apa yang mebedakan tumbuhan lumut dengan tumbuhan paku?
4.       Jelaskan daur hidup tumbuhan paku !
5.       Sebutkan peranan lumut dan tumbuhan paku pada manusia !

I(*INI HARUSNYA "PERNYATAAN" MALAH JADI "PERTANYAAN" SALAH FOKUS, jadinya ditulis tangan. lah, malah curhat)

Konsep Utama :

Tumbuhan lumut merupakan sekumpulan tumbuhan kecil yang termasuk dalam Bryophytina. Tumbuhan ini sudah menunjukkan diferensiasi tegas antara organ penyerap hara dan fotosintetik namun belum memiliki akar dan daun sejati. Juga belum memiliki pembuluh sejati. Tumbuhan lumut mengalami pergiliran keturuan dalam daur hidupnya. Yang lebih dikenal sebagai tahap gametofit. Lumut memiliki peranan dalam ekosistem sebagai penyedia oksigen, penyimpan air, dan penyerap polutan. Beberapanya bermanfaat sebagai obat kulit dan mata.
Lain halnya dengan tumbuhan paku atau paku-pakuan yang merupakan sekelompok tumbuhan dengan system pembuluh sejati namun tidak menghasilkan biji untuk reproduksi seksualnya. Tumbuhan paku merajai hutan-hutan dunia di Zaman Karbon sehingga disebut zaman keemasan tumbuhan paku. Bentuk tumbuhan paku bermacam-macam, ada yang berupa pohon, epifit, mengapung, menjalar atau humus, dan ental. Daur hidup tumbuhan paku mengenal metagenesis/pergiliran keturunan, yang terdiri dari dua fase utama: gametofit dan sporofit. Sebagian tanaman paku dapat dijadikan sebagai obat-obatan, ada juga sebagai bahan makanan (semanggi), juga sebagai pupuk hijau. Peranan pada ekosistem tidak jauh berbeda dengan lumut.

Refleksi    :

                Dari hasil analisis didapat ilmu yang berguna. Mengetahui peranan lumut dan tumbuhan paku pada ekosistem maupun mahkluk hidup. Kesulitan dalam pengerjaan ? gaada, biasa aja. "AWENAK". Sekian dan terimakasih. 

0 komentar:

Posting Komentar