Rabu, 12 Februari 2014

4 Alasan Datang Terlambat

sumber gambar: google
Telat atau yang lebih formal disebut "terlambat". Adalah satu kata yang bisa membuat kita tegang dan berubah menjadi makhluk yang 'tak tek tak tek' bergerak cepat. Terburu-buru dan tergesa-gesa. Eh itu sama aja yah.

Sebagai manusia yang jauh dari kesempurnaan, tidak bisa dipungkiri bahwa seumur hidup kita pasti kita pernah merasakan yang namanya telat, rasanya dan sensasinya menjadi makhluk yang 'tak tek tak tek'Kecuali para guru.

Telat juga identik dengan hukuman. Ekhem, sebagai orang yang sudah banyak makan asam garam di dunia per-telat an, di kesempatan kali ini saya akan membahas macam-macam alasan mainstream orang telat dan cara-cara biar tidak terlambat, biar gak curhat melulu. 

Cekicekidot.


Macet

Alasan ini adalah alasan paling gak kreatif dan sangat populer di kalangan anak-anak yang ke sekolah naik kendaraan. Ya iyalah yah.

Biasanya macet terjadi ketika memasuki jam efektif orang-orang pergi ke sekolah, ke kantor atau tempat kerja lainnya. Dimana semuanya buru-buru pengen duluan nyampek tempat kerja, dan ketika buru-buru nya barengan, terciptalah macet.
Kalau akhirnya terjebak macet dia bakal muring-muring sendiri di kendaraan, pencet-pencet klakson sampek buntung. Atau mungkin kasus nya dia uda lepas dari macet dan bisa melengos dengan bebas eh tiba-tiba kendaraan depannya berhenti tiba-tiba atau kalo nggak jalannya pelan banget, itu kampret emang. Giliran kita uda ngebut-ngebut gara-gara liat jam tangan eh dia malah nyantai nutupin jalan. 
Kalau uda gini cuman dua. Kalo nggak misuh-misuh ke kendaraan lain, kendaraan sendiri yang dipisuhin, atau buat yang sekolahnya dianter ya supir nya kudu sabar-sabar aja.

Terus gimana carannya biar gak telat gara-gara macet?

Jelas bangun pagi, abis bangun jangan tidur lagi. Semakin pagi kita bangun semakin santai perjalanan kita dan yang pasti terhindar dari moment buru-buru barengan. Biar bisa bangun pagi jangan tidur malem-malem, ntar kamu sakit. Lah.

Terus juga, mending jalan kaki yang rumahnya deket. Kalo mau cepet ? mancal (pengalaman banget). Yang rumahnya jauh, naik angkot. Itung-itung latian bantu pemerintah ngurus kemacetan biar gak nyalahin pemerintah terus, biar gak numpuk-numpuk kendaraan pribadi di jalanan. Kasian paru-paru, pagi-pagi uda ngirup asep. 


Bangun kesiangan

Yaelah bro semalem kemana aja? Nonton bola? Begadang nungguin maling? atau... kerjain tugas sekolah :'(
Kita memang adalah makhluk yang paling sering khilaf. Giliran kebangun pas pagi-pagi tetep aja masih guling-gulingan di kasur sambil liat jam di HP terus nge-batin "bentar ah. 5 menit lagi juga gapapa," 5 menit terus sampek setengah jam. Ujung-ujung nya kesiangan lagi. Selalu salah. 

Terus gimana?

Yang jelas jangan tidur malem-malem lah. Terpaksa tidur malem-malem gara-gara liat Rhoma Irama nyanyi di Indonesian Idol. Sebelum tidur rampok HP orang tua. HP sapa aja yang ada di rumah kalo' kurang. Terus setel jam weker nya pake volume paling gede. Insyaallah pagi nya tetangga sebelah rumah yang bakal bangunin kalian :)
Masih belum bisa bangun? itu bakat mungkin


Nganterin Ibu Ke Pasar atau Nungguin yang Nganter

Alasan klasik. Untuk sesaat mungkin guru-guru yang ada di tatib akan diam. Tapi tidak akan lama.
Para guru akan meneror dengan pertanyaan-pertanyaan. "Emangnya bapak kamu kemana?"
"Emangnya kamu bangun jam berapa?"
"Emangnya kamu nggak bisa berangkat sendiri?"
"Emangnya bintang kamu apa?" (lah ini gak nyambung) 


Terus gimana biar gak telat?

Ini adalah kondisi yang serius. Membantu orang tua adalah kewajiban sementara sampai di sekolah tepat waktu adalah peraturan.
Jadi ? Jangan cuman ditungguin dong yang mau nganter, nyatain ke dia. Halah. Sementara yang pagi-pagi uda ke pasar, jadilah orang yang hafal seluk beluk pasar dan jalan alternatif tercepat dari pasar ke sekolah, agar suatu saat dapat membantu ketika mendadak jadi ojek. Ingat, pasar burung tidak hanya menjual burung. Apaan lagi.


Kejadian Tidak Terduga

Yups kejadian yang tak terduga, suatu peristiwa yang berada di luar perkiraan kita adalah sesuatu yang bisa menjadi sangat menyenangkan tapi juga sebaliknya, menyakitkan. 

Kejadian tak terduga ketika akan berangkat ke sekolah itu beragam, seperti sepeda motor mogok di jalan, ban pecah, balik lagi ke rumah karena ternyata salah seragam, dan tiba-tiba ketemu Maudy Ayunda minta nebeng bareng, dari semua kejadian itu kebanyakan memakan banyak waktu. Jika tak sigap, telat lah sudah.

Atau mungkin kalian pernah mengalami yang seperti ini:

Suatu pagi kalian memilih untuk mendahulukan mandi dari pada sarapan karena ibu belum selesai memasak.
Awalnya biasa aja, tapi setelah piring sarapan uda bersih dan makanan uda masuk ke perut, tiba-tiba, tiba-tiba (sengaja diulang) tiba-tiba perut kalian muless. Nyess.
Bener. Uda seragam rapi, sepatu uda nempel di kaki, muka keki (keki itu apa? aku juga gak tau).

Kita harus merelakan beberapa menit lagi ke depan demi melepaskan hasrat manusiawi kita. Sungguh kejadian menyakitkan yang di luar perkiraan. Tapi hidup itu memang pilihan.
Keluarkan bebanmu sekarang, atau nanti akan keluar dengan sendirinya. Itu.

Terus gimana dong?

Kita adalah manusia, bersikap jujur itu lebih baik walau terasa menyakitkan. Jadi. Kuatkan dirimu kawan. 
Cukup kau simpan caci maki itu untuk mu dan kendaraanmu, dan orang di sekelilingmu, dan kendaraan di sekitarmu. Cukup.



"""""""

Sekirannya begitu yang bisa saya sampaikan saat ini. Semoga bermanfaat. Btw, ini artikel pertama yang saya buat. Jadi kalau ada yang mau nambahin di comment nya ya. hehe. Sekian.

1 komentar: